Tips Merawat Kondisi Mesin Mobil Agar Tetap Baik

Kamu punya mobil kesayangan? Jika ya, kamu pasti mau mobil kamu selalu berada dalam kondisi yang baik dan kamu pasti tidak ingin jika mobil kamu mengalami “sakit”, dimana sakitnya mobil kamu itu bisa bikin sakit kantong kamu juga. Selain biaya pengobatan alias perbaikan mobil di bengkel itu (kadang-kadang) mahal, tergantung dari tingkat kerusakannya, kamu pasti juga setuju jika lebih baik mencegah daripada mengobati. Salah satu cara untuk mencegah mobilmu sakit atau rusak adalah dengan merawat mobil dengan baik, terutama kondisi mesinnya.

Berikut ini nih, tips merawat mobil agar kondisi mesinnya tetap baik:

1. Rajin mengganti oli

Untuk mobil, oli memiliki fungsi menahan gesekan yang bisa terjadi pada mesin sehingga kondisi oli pada mobil otomatis juga berpengaruh besar pada kondisi mesinnya, terutama kinerjanya. Oleh karena itulah, masalah pergantian oli ini merupakan sesuatu yang tidak boleh kamu lewatkan atau abaikan. Rajin mengganti oli adalah hal yang harus kamu lakukan. Pada umumnya, pergantian oli memang harus dilakukan secara berkala, apalagi setelah kendaraan sudah menempuh perjalanan yang sangat jauh (batasnya adalah 3000 hingga 5000 km).

2. Mengecek cairan radiator

Yang dimaksud dengan radiator adalah sesuatu yang berfungsi untuk mendinginkan mesin (coolant) dan menghindari yang namanya overheat pada mesin. Kamu wajib memeriksa apakah radiator mobilmu itu dalam kondisi yang baik atau enggak, karena kondisi radiator yang kosong (dari air) bukan hanya bisa membuat mesin mobil kamu rusak, tapi juga membahayakan diri kamu sendiri sebagai pengendara.

3. Menjaga kebersihan filter karburasi

Tips merawat mobil yang ketiga adalah membersikan filter karburasi. Kadang, mesin mobil yang sulit dihidupkan, disebabkan oleh kondisi filter karburasi yang kotor. Jadi ada baiknya kamu juga rutin membersihkan filter karburasi jika kamu ingin mobilmu selalu berada dalam kondisi prima, juga secara tidak langsung memberikan kamu pola hidup sehat (dengan kebersihan lingkungan, termasuk wilayah dalam mobil).

4. Periksa kondisi knalpot

Tips merawat mobil lainnya adalag selalu memastikan kondisi knalpot mobil kamu berada dalam kondisi yang baik dan tidak ada yang menyumbat. Sumbatan yang terdapat di knalpot mobil bisa menyebabkan gas yang seharusnya terbuang dari mobil menjadi tersumbat dan berakibat buruk pada kondisi bagian dalam mobil.

5. Periksa baterai dan kabel mobil

Jaga juga kebersihan baterai dan kabel pada mobil kamu, terutama cairan baterainya, jika baterai mobilmu bukan yang bebas pemeliharaan. Karena kondisi yang tidak baik pada kedua komponen ini bisa berakibat buruk untuk mesin mobilnya.

Demikianlah sekiranya tips-tips merawat mobil yang bisa kamu terapkan. Jika kamu perhatikan, inti dari kesemua poin di tips itu adalah selalu memperhatikan kondisi dan kebersihan mobil. Tentunya jika kamu memelihara dan menggunakan mobilmu dengan baik, mesin mobilmu juga akan menjadi awet dan tidak mudah rusak. Kamu pun terhindar dari musibah kerugian ytang sewaktu-waktu bisa terjadi jika mobilmu rusak.

Related Post