Resiko yang bisa Terjadi dalam Perjalanan dan Penanganannya

Oke, di thread pertamaku ini, aku mau bahas soal travelling: sesuatu yang belakangan ini baru aku sadari sebagai passion yang kutemukan dalam diri. Semuanya bermula ketika aku melakukan perjalanan sendiri kesuatu kota di Jawa Timur. Yah, gak sendiri, sih, di sananya, cuma perjalanan pergi dan pulangnya aja yang sendiri. Tapi, tetep aja hal itu menjadi suatu petualangan luar biasa kalau buat aku yang sebelumnya  enggak pernah melakukan perjalanan jauh hingga ke luar provinsi sendirian!

Dari perjalanan itu, aku jadi pengen melakukan perjalanan-perjalanan lainnya. Dari hal itu juga aku jadi semakin concern dengan segala sesuatu dalam perjalanan. Aku sadar kalau perjalanan itu merupakan sesuatu yang membangkitkan jiwa petualang kita banget dan juga ikut menimbulkan perasaan senang karena ada sesuatu yang ditunggu gitu 😀

Tapi, dengan segala hal yang menyenangkan soal perjalanan, aku tahu ada juga beberapa resiko yang bisa terjadi dalam sebuah perjalanan. Kamu yang suka melakukan perjalanan nih yang harus paham mengenai resiko-resiko tersebut agar kamu bisa tahu gimana menghindari dan mengantisipasinya. Jadi, di sini aku mau berbagi informasi sama kalian mengenai resiko yang bisa terjadi dalam perjalanan dan juga penanganan alias solusinya.

  1. Kecelakaan, Mau enggak mau, kamu harus mengakui kalau musibah kecelakaan dalam perjalanan adalah salah satu resiko yang paling rentan terjadi. Enggak peduli itu kecelakaan di mobil, motor, kereta, atau bahkan pesawat. Semuanya bisa aja terjadi walaupun kamu udah sangat hati-hati.
  2. Kehilangan, walaupun bukan suatu resiko yang terlalu mengerikan seperti kecelakaan, masih merupakan suatu resiko yang patut diwaspadai. Inilah salah satu alasan kenapa kamu harus sangat hati-hati dimana pun kamu berada, apalagi ketika melakukan perjalanan yang jauh. Jauh-jauhin deh, tuh, sembrononya!
  3. Kendala dalam perjalanan, Yang disebut dengan ”kendala” dalam perjalanan itu adalah segala hal yang mengganggu atau menghambat perjalanan kamu. Entah itu karena masalah transportasi seperti ketinggalan pesawat, penundaan penerbangan, dan lainnya. Mungkin kedengarannya sepele, tapi, hal ini juga sebenarnya bisa buat kamu susah atau kewalahan juga loh. Darimulai harus menginap di bandara yang kurang nyaman, hingga uang yang tidak cukup lagi untuk akomodasi.
  4. Akomodasi, Salah satu hal terpenting yang harus kamu pikirkan kalau kamu mau melakukan perjalanan itu sudaj pasti akomodasinya. Kamu harus pikirkan dimana kamu nanti akan tinggal, dan gimana juga biaya hidupnya. Karena kalau nggak, kamu sendiri yang akan repot atau pusing dalam menganganu hal-hal itu.

Begitu, deh, kira-kira resiko yang bisa terjadi dalam sebuah perjalanan. Cara singkat untuk menanganinya, sih, kalau menurutku dengan mencari dan membeli asuransi perjalanan di sini. Beneran deh, itu website ngebantu banget buat dapet asuransi yang pas untuk nemenin perjalanan biar lebih aman dari resiko ._.

Selain itu, kamu bisa coba beberapa tips kayak:

  1. Mempersiapkan perjalanan sebaik mungkin dari jauh-jauh hari
    Dari mulai hal-hal apa aja yang perlu dibawa hingga apa-apa aja yang mau kamu bawa dan kira-kira berguna dalam perjalanan. Belum lagi, kalau kamu mau melakukan perjalanan ke luar negeri tapi belum punya visa dan paspor. Jangan mendadak buatnya, ya.
  2. Temukan relasi di sana
    Untuk memperkecil besarnya biaya akomodasi dan juga menambah keamanan kamu di negeri orang, sebisa mungkin, temukan teman atau relasi di tepat tujuan itu sebelum kamu pergi ke sana.

Baca juga:
4 Tips Agar Travelling Anda Tetap Aman

Related Post