Tips Mencari Mentor Untuk Memulai Bisnis

Cara mudah memulai bisnis salah satunya adalah dengan mencari mentor bisnis. Temukan mentor bisnis yang tepat membuat kita yang memulai bisnis bisa menghemat banyak tenaga. Masalahnya adalah bagaimana langkah-langkah menemukan seorang mentor bisnis?

Berikut adalah beberapa langkah bila kita mencari seorang mentor bisnis:

1. Cari orang Yang Berpengalaman

Salah satu langkah untuk mencari dan menemukan seorang mentor bisnis adalah cari seorang yang telah berpengalaman. Mentor bisnis harus sudah menjalani apa yang akan kita jalani. Ibarat kita dari desa dan akan akan jalan menuju ke sebuah kota yang belum pernah kita jalani adalah tinggal ikuti saja seseorang yang sudah sering ke kota yang kita tuju tersebut. Begitulah kita perlunya seorang mentor bisnis. Saat kita dipandu seorang mentor, kita bisa menghemat pikiran, tenaga waktu dan lain-lain. Kita bisa menemukan seorang mentor bisnis dari kontak personal, di pertemuan-pertemuan komunitas bisnis dll. Salah satu komunitas yang menyediakan Mentor Bisnis gratis salah satunya adalah komunitas Bisnis Tangan Di Atas (TDA). Komunitas Bisnis Tangan Di Atas yang telah memiliki lebih dari 50 cabang di dalam negeri dan lebih dari 5 cabang diluar negeri ini dalam programnya adalah KMB, yaitu kelompok mentoring Bisnis. Dalam program ini ada beberapa bidang yang mengadakan mentoring bisnis, mulai dari bisnis kuliner, fashion, property, bisnis online dan lain-lain.

2. Buat rencana khusus agar dapat mengenal lebih seorang mentor bisnis

Cobalah untuk membuat rencana khusus agar dapat lebih mengenal mentor bisnis umtuk melihat apakah kita itu sesuai atau tidak. Kemudian cobalah memberikan pelayanan-pelayanan pada mentor bisnis dengan cara sedemikian rupa. Mentor bisnis ingin melakukan memberikan mentor bisnis dengan orang yang mereka sudah kenal dengan baik. Jadilah kita menjadi orang yang di sukai dan dipercaya oleh mentor bisnis kita. Bersikap jujur dan tidak manipulatif, tulus sehingga seorang mentor bisnis memahami apa yang kita inginkan. Jika kita ingin melakukan manipulasi pastilah seorang mentor bisnis akan mengetahuinya.

3. Selalu Bertanya

Biarpan tentang hal-hal yang sepele, biarpun sedikit waktu, sedikit ketemu lakukan selalu bertanya. Jika hal kecil berjalan dengan baik dan hubungannya berkembang, itulah susatu yang kecil tetapi berhubungan dengan prinsip dan nilai yang akan kita masukkan dalam hubungan yang akan kita bangun. Bila pertanyaan kecil-kecil berjalan dengan baik, maka siap-siaplah ke langkah selanjutnya. Bangun hubungan, secara sengaja tetapi secaraterlihat alami. Seperti menemukan sebuah jodoh dalam percintaan, mulailah dari yang kecil, sebuah pesan pendek, sebuah senyum, atau pertemuan singkat. Kita harus sabar. Hingga kita berharap menjadi apa yang kita harapkan yaitu menjadi seorang mentor bisnis kita.

Related Post