Mengenal 3 Jenis Jaminan Asuransi Kendaraan

Selama ini, mungkin Anda sering mendengar istilah asuransi All Risk atau asuransi TLO untuk sebagai macam-macam jenis asuransi kendaraan atau lebih tepatnya asuransi mobil. Tapi, apakah Anda sudah benar-benar mengetahui arti di balik kedua istilah tersebut? Jika pun iya, apakah Anda sudah tahu jika ada jenis asuransi lainnya di samping kedua jenis asuransi tersebut? Namanya adalah asuransi Comprehensive, atau penggabungan antara All Risk dan jaminan perluasan asuransi.

Berikut ini adalah penjelasan yang lebih lengkap mengenai ketiga jenis jaminan asuransi untuk kendaraan untuk lebih bisa Anda pahami:

1. Asuransi TLO

TLO yang merupakan singkatan Total Loss Only merupakan jenis asuransi yang hanya memberikan pertanggungan untuk jenis resiko yang total saja, dimana tingkat kerusakannya (jika resikonya adalah mobil rusak) sama dengan atau di atas 75 %. Selain itu, asuransi ini juga menanggung kerugian total seperti kehilangan mobil. Jadi, untuk Anda yang ingin menggunakan asuransi dengan tujuan tidak mau atau tidak perlu mengeluarkan biaya lagi jika harus memperbaiki mobil kapan pun mobil Anda perlu diperbaiki, asuransi mobil TLO ini bisa dibilang bukan merupakan jenis asuransi yang cocok untuk dipilih. Kecuali jika Anda memang mencari asuransi dengan harga premi yang murah dan sudah bisa meng-cover resiko terburuk yang bisa terjadi pada mobil saja.

2. Asuransi All Risk

Asuransi jenis ini merupakan asuransi dengan penjaminan yang lebih lengkap dibanding asuransi yang dibahas sebelumnya (TLO). Sesuai dengan namanya “All Risk”, asuransi ini memang memberikan penjaminan pada semua jenis resiko yang bisa terjadi pada mobil yang diasuransikan, dari resiko yang terkecil hingga resiko yang paling besar sekalipun. Untuk itu, tidak heran jika All Risk memiliki harga premi asuransi

3. Asuransi Comprehensive

Ada satu lagi jenis asuransi yang harus Anda ketahui yaitu asuransi Comprehensive. Sebenarnya, asuransi ini sama saja dengan asuransi All Risk, namun bedanya, ditambah lagi dengan jaminan perluasan. Nasabah asuransi yang menggunakan jenis asuransi All Risk lalu ditambah lagi dengan jaminan perluasan yang menambah tanggungan beberapa resiko yang sebelumnya belum ada di asuransi All Risk, mereka berarti sudah menggenakan asuransi jenis Comprehensive ini. Asuransi mobil jenis Comprehensive ini memang mempunyai jaminan pertanggungan yang paling tinggi dibanding dua jenis jaminan asuransi lainnya yang telah disebutkan di atas.

Dengan penjelasan di ketiga poin di atas, semoga Anda menjadi lebih mengerti dengan jenis-jenis asuransi mobil dan bisa dengan bijak memutuskan mana jenis asuransi yang paling cocok untuk Anda pilih dan gunakan. Gunakan asuransi Comprehensive jika ingin perlindungan asuransi yang paling lengkap, gunakan asuransi All Risk jika ingin lebih murah dari Comprehensive, dan gunakan TLO jika Anda sangat perlu berhemat dengan pengeluaran.

Related Post