Ketahui Penyebab Bahan Bakar Motor Matic Jadi Boros

Memiliki motor memang menguntungkan, dengan menggunakan motor kita bisa bepergian kemana pun yang kita inginkan, selain itu motor pun membuat waktu di jalan raya lebih efisien karena tidak harus terkena macet seperti ketika mengendarai mobil.

Tetapi, sayangnya banyak yang harus kita perhatikan bila memiliki motor ini, mulai perawatannya hingga pengisian bahan bakarnya. Khususnya untuk bahan bakar motor, walau terkenal murah, akan tetapi jika terus diisi dan sangat boros saat digunakan tentunya cukup mengurus kantong kita, apalagi untuk motor matic. Menggunakan motor matic, memang lebih membantu dari pada motor manual, karena kita tidak lagi harus mengatur gigi nya ketika menggunakan motor matic, namun sayangnya motor matic ini sering beberapa kali bahan bakarnya boros. Kira-kira kenapa ya bahan bakar motor matic jadi boros, ketika digunakan?

Berikut ini informasi yang mesti Anda ketahui, penyebab bahan bakar motor matic menjadi boros, yaitu:

1. Saringan Udara
Perlu Anda ketahui apabila saringan udara kotor, akan menyebabkan aliran udara ke ruang pembakaran akan berkurang, sehingga bisa menyebabkan campuran bahan bakar tersebut tidak akan sempurna dan yang ada akan menyebabkan gejala brebet yang akhirnya membuat konsumsi bahan bakar pun menjadi boros.

2. Busi
Hal kedua yang mesti Anda perhatikan adalah busi pada motor matic Anda, apakah sudah aus atau tidak, karena hal ini bisa menyebabkan jarak yang renggang pada tidak sesuai lagi. Hal ini juga bisa menyebabkan brebet dan tentunya menyebabkan bahan bakar menjadi boros pula.

3. Bila Jarak Pada Valve Atau Klep Tidak Sesuai Standar Pabrikan
Selanjutnya yang bisa menyebabkan motor matic bahan bakarnya menjadi boros adalah jarak renggang pada valve atau klep yang tidak lagi sesua dengan standar pabrikan. Apabila celah valve terlalu rapat dari biasanya akan membuat valve tersebut lama menutup dan cepat membuka, begitu juga sebaliknya bila celah terlalu renggang akan membuat valve cepat membutup dan lama membuka yang akhirnya bisa mmebuat proses pembakaran pada motor berlangsung tidak sempurna.

4. Aturan Putaran mesin
Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah aturan putaran mesin yang tidak boleh terlalu rendah, bila terjadi seperti ini akan mengakibatkan tarikan gas menjadi tidak stabil dan membuat motor sering mati.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan bahan bakar motor matic menjadi boros. Intinya, bila Anda ingin bahan bakar motor matic Anda tidak boros, selalulah perhatikan motor Anda. Rajin-rajinlah untuk melakukan servis sekali sebulan atau dua kali sebulan, selain membantu untuk merawat motor, membuat bahan bakar menjadi tidak boros dan juga bisa membantu agar tetap selalu aman ketika berkendara, karena motor yang jarang dirawat juga berbahaya untuk keamanan Anda dalam berkendara.

Related Post