Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Mudik

 

Mudik adalah sebuah tradisi yang sudah mengakar kuat di masyarakat pada musim-musim lebaran di Indonesia. Mudik yaitu ketika orang-orang kota yang mempunyai kampung halaman atau tempat asal berbondong-bondong mengunjungi kampung halamannya masing-masing untuk bisa berkumpul bersama keluarganya yang berada di sana. Karena seperti yang kita tahu, kota besar yang dinamakan Jakarta yang menjadi ibu kota Indonesia sekarang ini adalah sebagian besar dipadati oleh para pendatang. Penduduk Jakarta bahkan kota besar lainnya sebagian besarnya tidak berasal atau merupakan warganya asli melainkan merupakan pendatang dari daerah lain juga. Maka dari itu, ketika musim lebaran tiba dan masih ada yang sanak saudaranya di kampung halaman, mereka menyempatkan diri untuk kembali ke kampung halaman dan berkumpul bersama sanak dan kerabatnya, dimana kegiatan seperti itu biasa kita sebut dengan ‘mudik’.

Jika Anda juga termasuk ke dalam sebagian besar orang yang melakukan mudik itu, Anda tentunya memiliki persiapan atau tidak lupa mempersiapkan segala kebuthan yang berhubungan dengan kegiatan mudik Anda nanti.

Nah, berikut ini adalah sekiranya hal-hal apa saja yang harus Anda perhatikan ketika ingin mudik:

  1. Kendaraan yang layak

Kendaraan layak menempati poin satu dalam pembahasan di sini karena kendaraan merupakan sesuatu yang sangat krusial dalam melakukan perjalanan seperti mudik. Tanpa kendaraan, tentunya kita tidak bisa berpergian ke tempat yang sangat jauh dengan mudah. Selain itu, yang menjadikan kendaraan sebagai faktor penting di sini adalah karena kondisi kendaraan lah yang seringkali menjadi penyebab kecelakaan ketika melakukan perjalanan, termasuk perjalanan mudik. Oleh karena itulah Anda harus sangat waspada dan memperhatikan kondisi kendaraan Anda sebelum melakukan perjalanan mudik, jangan sampai Anda menggunakan kendaraan yang kondisinya tidak layak lagi untuk digunakan.

  1. Bekal pulang

Walaupun ini bukanlah hal yang wajib, ketika ingin pergi mengunjungi kampung halaman, Anda pastinya tidak ingin datang dengan tangan kosong begitu saja. Maka itu, jangan lupa untuk mungkin membawa sesuatu yang bisa dibagikan untuk keluarga atau kerabat Anda di kampung halaman. Tidak perlu yang mahal, asalkan berguna dan pantas untuk diberikan. Selain bekal yang dibawa untuk diberikan, Anda juga seharusnya tidak melupakan pentingnya bekal selama di perjalanan, apalagi bagi Anda yang letak kampungnya cukup jauh sehingga harus menempuh perjalanan yang sangat panjang. Bekal seperti makanan, minuman, atau camilan tidak ada salahnya untuk Anda turut bawa serta.

  1. Pastikan rumah ditinggalkan dalam kondisi yang aman

Satu lagi hal penting yang harus diperhatikan di sini sebelum Anda pergi mudik adalah kondisi rumah Anda ketika ditinggalkan. Anda pasti tidak ingin jika rumah Anda tertinggal dalam keadaan yang tidak aman sehingga bisa terjadi hal-hal tidak diinginkan nanti ketika Anda masih berada di kampung halaman. Kunci pintu dengan baik, taruh barang-barang berharga di tempat yang aman, matikan kompor atau sumber listrik lainnya yang menyala di rumah, hingga menitipi rumah dengan tetangga adalah contoh dari hal-hal yang bisa Anda lakukan.

Demikianlah sekirannya apa-apa saja yang Anda butuhkan untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman di musim lebaran. Semoga bermanfaat dan semoga mudik Anda dapat berjalan dengan lancar.

Related Post